Petani dan regenerasinya

07 Oktober 2019 09:32:12 WIB

Warga Desa Giriasih mayoritas mata pencahariannya adalah sebagai petani. Akan tetapi pada kenyatannya meraka tidak serta merta bertani dalam kesehariannya, mengingat wilayah Gunungkidul khususnya di Desa Giriasih masa bertani hanya bisa dilakukan pada musim penghujan saja, selebihnya mereka bekerja diluar kegiatan bertani. Selain itu, mata pencaharian sebagai petani juga dimungkinkan akan semakin menurun, karena regenerasi kepada anak-anak muda saat ini sangat tidak diminati. Umumnya mereka lebih menyukai pekerjaan sebagai karyawan swasta maupun berwiraswasta.

Sebagai langkah antisipasi dan penguatan terhadap petani, Pemerintah Desa Giriasih menyelenggarakan Kegiatan Pembinaan Gapoktan (Gabungan Kelompoik Tani) se Desa Gairiasih. Acara ini dilaksanakan pada hari Jum'at tanggal 4 Oktober 2019 bertempat di aula Balai Desa Giriasih. Hadir sebagai pemateri dalam kegiatan ini, camat Purwosari dan Kepala BPP Purwosari.

" Petani adalah pahlawan pangan, maka dari itu mata pencaharian sebagai petani sangatlah mulia", ucap Purwono, SIP, MSi. Camat Purwosari dalam penyampaian paparannya.

Seluruh nara sumber sepakat untuk penguatan dan peningkatan kapasitas Kelompok tani, guna peningkatan kesejahteraan masyarakat.  

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Giriasih

tampilkan dalam peta lebih besar