Semarak Jalan Sehat di Embung Terbaik, Hadiahnya Kambing 4 Ekor

03 September 2019 14:26:20 WIB

GIRIASIH (SIDA)--Ratusan warga Desa Giriasih, Kecamatan Purwosari menggelar jalan sehat dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-74 di Taman Wisata Embung Bem Bem Padukuhan Trasih, Desa Giriasih, Minggu (01/09/2019) pagi. Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Purwosari, Purwono, Kapolsek, AKP Hajar Wahyudi dan Danposramil, Peltu Sarjono.

Ketua Panitia HUT RI ke-74 Desa Giriasih, Bambang Sunarto mengatakan, sebelumnya Desa Giriasih telah mengadakan aneka macam kegiatan perlombaan diantaranya tilik padukuhan, penyajian kuliner khas, senam massal, mancing, serta lomba untuk kalangan anak-anak yang digelar melalui forum anak Giriasih.

 

"Berbagai macam doorprize ada sekitar 300 macam, sebagai doorprize utamanya empat ekor kambing," ujarnya.

 

 

Kegiatan diikuti oleh warga di seluruh Padukuhan Desa Giriasih yakni Klepu, Trasih, Ngoro-ngoro dan Wonolagi. Selain untuk menyemarakkan HUT RI, kegiatan juga untuk mengenalkan potensi wisata alam berupa embung kepada khalayak ramai. Embung itu renovasinya baru saja selesai dikerjakan oleh pihak Kementerian Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Balai Besar Wilayah Serayu Opak. 

Dalam sambutannya, Kepala Desa Giriasih, Suwitana menuturkan bahwa renovasi embung Bem Bem seluas 360 meter persegi selama 150 hari pada medio 2018 itu menghabiskan total anggaran Rp 1,3 miliar bersumber dari APBN.

Ikon anyar yang berlokasi di pinggir jalan raya Giriasih atau paling ujung ibukota Kabupaten Gunungkidul berbatasan dengan kabupaten Bantul kini masuk dalam Bursa Inovasi Desa (BID) Kabupaten Gunungkidul.

Sementara itu Camat Purwosari, Purwono menyampaikan Embung Bem Bem menjadi salah satu inovasi desa yang kini menjadi percontohan nasional. Bahkan embung ini menjadi salah satu Embung yang terbaik di Kabupaten Gunungkidul.

Selain pada musim kemarau seperti saat ini airnya masih melimpah, kawasan Embung tersebut telah tertata sehingga menjadi daya tarik pariwisata. Dalam kesempatan tersebut, Purwono berpesan supaya pemerintah desa, berbagai elemen serta masyarakat bahu membahu menjaga sekaligus memanfaatkan aset yang ia nilai sangat luar biasa itu.

 

"Di purwosari ada 19 telaga, ada tiga yang masih ada airnya, salah satunya di sini (Giriasih). Tidak hanya air bertahan tapi telaga ini istimewa. Kita jaga, misal jangan sampai ada banyak sampah," ujarnya.
KUNJUNGI : https://gunungkidul.sorot.co/berita-100045-semarak-jalan-sehat-di-embung-terbaik-hadiahnya-kambing-4-ekor.html
Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Giriasih

tampilkan dalam peta lebih besar